Manfaat menyikat gigi sebelum tidur


 

Pada bulan januari 2013 PT.Unilever melakukan survei tentang perilaku menyikat gigi. Dari hasil survei diperoleh data kebanyakan orang indonesia malas menyikat gigi pada malam hari. Dalam sebuah talk show yang bertema bertajuk 'Perilaku Menyikat Gigi dalam Keluarga' drg. Ratu Mirah Afifah  juga mengungkapkan hal yang sama tentang perilaku malas menyikat gigi di malam hari. 

drg Mirah mengatakan tidak menyikat gigi sebelum tidur lebih berbahaya 2 kali lipat terhadap kesehatan gigi dibanding tidak sikat gigi di pagi hari. Hal ini disebabkan oleh sifat asam yang timbul beberapa saat setelah kita makan. Asam inilah yang biasanya membuat gigi berlubang.  Selain itu, pertumbuhan bakteri di saat tidur menjadi dua kali lipat. Air liur memiliki aktivitas antibakteri yang dapat membunuh bakteri. Namun pada malam hari produksi air liur akan berkurang dibandingkan di waktu siang hari. Oleh sebab itulah, kita harus mengupayakan untuk menjaga kondisi mulut terlindungi dengan baik sebelum tidur. Salah satunya adalah dengan menyikat gigi.

Jika saat ini anda hanya memiliki kebiasaan menyikat gigi setiap mandi pagi dan sore hari. Maka mulai saat ini anda harus menambah kebiasaan baik menyikat gigi sebelum tidur jika anda mendambakan kesehatan gigi yang baik. Waktu menyikat gigi malam yang tepat adalah sebelum tidur sedangkan waktu menyikat gigi pagi yang baik adalah sehabis sarapan pagi.

0 Response to "Manfaat menyikat gigi sebelum tidur"

Post a Comment