Cara Hidup sehat : mencuci tangan dengan sabun


Baru-baru ini pada tanggal 15 Oktober yang lalu dunia memperingati Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia. Ini adalah program PBB yang di peringati setiap tahun. Indonesia merupakan salah satu dari 20 negara yang berpartisipasi aktif dalam program ini. Peringatan tahunan dunia ini menunjukkan betapa pentingnya kegiatan mencuci tangan dengan sabun sebagai salah satu upaya cara hidup sehat.



Cuci tangan dengan sabun bisa dibilang pekerjaan yang amat sepele. Mencuci tangan tidaklah berat, namun seringnya kebanyakan orang tidak mau repot-repot mencuci tangan mereka sebelum makan terutama jika melihat tangan masih terlihat bersih. Padahal berbagai virus dan bakteri berbahaya bisa jadi sangat banyak menempel ditangan.

Kita ketahui bagian tubuh yang sangat sering bersentuhan dengan benda-benda yang ada di sekitar kita adalah tangan, khususnya telapak tangan. Masalahnya benda-benda yang ada disekitar kita  belum tentu terjamin kebersihannya. Kemudian anggota tubuh yang sering berhubungan dengan tangan adalah mulut dan hidung. Sementara mulut dan hidung merupakan pintu masuk berbagai microba penyebab penyakit kedalam tubuh. Atas dasar inilah anda perlu membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun


Pada bulan Oktober 2007 silam Cochrane Library Journal mempublikasikan sebuah penelitian yang menemukan bahwa kegiatan mencuci tangan dengan sabun sangat efektif untuk mengurangi dampak penyebaran virus. Mulai dari virus flu sampai jenis virus pandemik yang ganas lainnya. Mencuci tangan dengan sabun akan memutuskan mata rantai microba penyebab penyakit.

KAPAN HARUS MENCUCI TANGAN?
Jika memungkinkan lakukanlah sesering mungkin, terutama disaat musim musim penyakit seperti flu dan diare. Karena kedua virus ini sangat mudah menyebar. Di bawah ini diberikan list keadaan yang sebaiknya anda segera mencuci tangan setelah melakukan aktivitas berikut :
1.        Sebelum makan dan sesudahnya.
2.        Usai bauang air besar/kecil.
3.        Setelah batuk/bersin, atau  membuang ingus.
4.        Setelah memnyentuh/memegang benda kotor.
5.        Setelah memegang atau memberi makan binatang peliharaan.
6.        Usai  berkebun atau main di luar rumah.
7.        Sebelum dan setelah mengobati luka
8.        Sebelum memasukkan atau melepas lensa kontak
9.        Dan banyak lagi yang anda kira perlu untuk mencuci tangan


Beberapa penyakit yang resiko penularan nya dapat di kurangi dengan mencuci tangan diantaranya yaitu : Diare, Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), Shigellosis,  Giardiasis, Infeksi cacinag (ascariasis & trichuriasis) , infeksi mata seperti tracoma , penyakit kulit, Hepatitis A, Flu Singapura atau Hand Foot and Mouth Disease (HFMD) penyakit yang  ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus. Virus ini dapat menyebar saat tidak mencuci tangan dengan benar.

Cara mencuci tangan yang disarankan WHO :
1.    Basuh tangan dengan air bersih yang mengalir
2.    Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan
3.    Gosok punggung tangan dan sela - sela jari tangan kiri dan tangan kanan, begitu pula sebaliknya.
4.    Gosok kedua telapak dan sela - sela jari tangan
5.    Jari - jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci.
6.    Gosok ibu jari kiri berputar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan sebaliknya.
7.    Gosokkan dengan memutar ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya
8.    Gosok pergelangan tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan dan lakukan sebaliknya.
9.    Bilas kedua tangan dengan air yang mengalir


0 Response to "Cara Hidup sehat : mencuci tangan dengan sabun"

Post a Comment